Cara Menambah Gambar dari Kamera di Android Studio

Pada pelajaran kali ini kita akan membahas tentang cara menamhahkan gambar dari kamera di Android Studio. Untuk membuat aplikasi Android secara langkah demi langkah kita harus mempelajari dan mengenal dasar terlebih dahulu agar nantinya kita bisa memahami setiap kesalahan dan kekurangan saat membuat aplikasi Android.

Sekilas tentang Android studio merupakan salah satu software pengembang aplikasi Android terbaik saat ini. Hal itu dikarenakan banyaknya fitur yang didukung oleh Google.

Untuk kamu yang sedang belajar membuat aplikasi Android menggunakan Android Studio, berikut ini cara membuat fitur menambahkan gambar dari kamera.

Baca juga: Cara Menambah Gambar dari Galeri di Android Studio

Tutorial

Bahan Refrensi Take a photo with a camera app

1. Tambahkan satu button lagi dipinggir button gallery. Button ini berfungsi untuk membuka kamera handphone kamu dan menampilkan hasil gambarnya pada imageView yang sudah dibuat pada tutorial sebelumnya.

Button gallery

Tulis kode berikut ini:

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
    android:id="@+id/activity_main"
    android:layout_width="match_parent"
    android:layout_height="match_parent"
    android:paddingBottom="@dimen/activity_vertical_margin"
    android:paddingLeft="@dimen/activity_horizontal_margin"
    android:orientation="vertical"
    android:paddingRight="@dimen/activity_horizontal_margin"
    android:paddingTop="@dimen/activity_vertical_margin"
    tools:context="com.example.abifirmandhani.inwepo.MainActivity">

    <EditText
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:hint="Username"
        android:id="@+id/edit1"/>

    <EditText
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:hint="Name"
        android:id="@+id/edit2"/>

    <EditText
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:hint="NoHp"
        android:id="@+id/edit3"/>

    <Button
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text="Tambah"
        android:id="@+id/btn1"
        android:onClick="Click1"/>



    <Button
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text="Hapus"
        android:id="@+id/btn2"
        android:onClick="Click3"/>

    <ImageView
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="200dp"
        android:id="@+id/gambar1"/>

    <LinearLayout
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:weightSum="2"
        android:orientation="horizontal">

        <Button
            android:layout_width="0dp"
            android:layout_height="wrap_content"
            android:text="Gallery"
            android:layout_weight="1"
            android:id="@+id/btn4"/>

        <Button
            android:layout_width="0dp"
            android:layout_height="wrap_content"
            android:layout_weight="1"
            android:text="Camera"
            android:id="@+id/btn5"/>

    </LinearLayout>




</LinearLayout>

2. Instansiasi button baru tersebut, dan buat method setOnclickListerner. Ketika button tersebut ditekan, maka perintah yang ada didalam method ini akan dijalankan.

method setOnclickListerner

Tulis kode berikut ini:

package com.example.abifirmandhani.inwepo;

import android.content.Intent;
import android.graphics.Bitmap;
import android.net.Uri;
import android.provider.MediaStore;
import android.support.v7.app.AppCompatActivity;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
import android.widget.Button;
import android.widget.EditText;
import android.widget.ImageView;
import android.widget.TextView;

import com.google.firebase.database.DatabaseReference;
import com.google.firebase.database.FirebaseDatabase;

public class MainActivity extends AppCompatActivity {

    //instansiasi database firebase
    FirebaseDatabase database ;
    DatabaseReference myRef;
    EditText text1;
    EditText text2;
    EditText text3;
    EditText text4;

    ImageView img1;
    Button btn1, btn2;

    final int kodeGallery = 100, kodeKamera = 99;
    Uri imageUri;



    @Override
    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.activity_main);

        database = FirebaseDatabase.getInstance();

        text1 = (EditText) findViewById(R.id.edit1);
        text2 = (EditText) findViewById(R.id.edit2);
        text3 = (EditText) findViewById(R.id.edit3);
        text4 = (EditText) findViewById(R.id.edit4);

        img1 = (ImageView) findViewById(R.id.gambar1);
        btn1 = (Button) findViewById(R.id.btn4);
        btn2 = (Button) findViewById(R.id.btn5);

        btn1.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
            @Override
            public void onClick(View v) {
                Intent intentGallery = new Intent(Intent.ACTION_PICK, MediaStore.Images.Media.EXTERNAL_CONTENT_URI);
                startActivityForResult(intentGallery, kodeGallery);
            }
        });

        btn2.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
            @Override
            public void onClick(View v) {
                Intent intentCamera = new Intent(MediaStore.ACTION_IMAGE_CAPTURE);
                startActivityForResult(intentCamera, kodeKamera);
            }
        });

    }

    @Override
    protected void onActivityResult(int requestCode, int resultCode, Intent data) {
        super.onActivityResult(requestCode, resultCode, data);

        if(requestCode == kodeGallery && resultCode == RESULT_OK){
            imageUri = data.getData();
            img1.setImageURI(imageUri);
        }else if(requestCode == kodeKamera && resultCode == RESULT_OK){
            Bitmap bitmap = (Bitmap) data.getExtras().get("data");
            img1.setImageBitmap(bitmap);
        }

    }    
    
}

Intent tersebut berfungsi untuk membuka kamera

Jangan lupa untuk membuat variable kodeKamera untuk membedakan request gallery dan kamera.

Lalu pada method onActivityResult ditambah seleksi kondisi lagi. Jika request kode adalah kode kamera maka data akan dirubah menjadi bitmap, dan imageView di set image bitmap. Sehingga imageView akan menampilkan gambar dari kamera

3. Lalu tambahkan permission di android manifest, sehingga aplikasi kamu bisa membuka kamera handphone.

Tulis kode berikut ini:

<uses-feature android:name="android.hardware.camera" android:required="true"/>

4. Lalu aplikasi akan diuji coba. Tekan ikon play pada toolbar Android Studio.

5. Di bawah ini merupakan tampilan aplikasi awal.

Contoh Aplikasi

6. Ketika tombol kamera ditekan maka kamera akan terbuka.

7. Gambar hasil dari kamera berhasil ditambahkan di aplikasi.

Selesai. Demikian cara menambah gambar dari kamera di aplikasi Android Studio. Semoga bermanfaat

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave the field below empty!

Trending Minggu Ini

Inwepo adalah media platform yang membantu setiap orang untuk belajar dan berbagi tutorial, tips dan trik cara penyelesaian suatu masalah di kehidupan sehari-hari dalam bentuk teks, gambar. dan video.

Dengan bergabung bersama kami dan membuat 1 tutorial terbaik yang kamu miliki dapat membantu jutaan orang di Indonesia untuk mendapatkan solusinya. Ayo berbagi tutorial terbaikmu.

Ikuti Kami di Sosmed

Inwepo Navigasi

Tentang Kami             Beranda

Hubungi Kami             Panduan Penulis

Kebijakan Privasi

FAQ

Partner

Copyright © 2014 - 2024 Inwepo - All Rights Reserved.

To Top