Cara Membuat Game Snake dengan Javascript di Notepad

Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman website yang seringkali digunakan secara mandiri atau standalone. Banyak permainan berbasis web, lebih memfokuskan diri pada penggunaan bahasa pemrograman Javascript sebagai engine atau mekanisme permainan. Salah satunya ialah permainan sederhana bernama Snake.

Pada artikel kali ini, kita akan membuat permainan Snake menggunakan bahasa pemrograman Javascript.

Sebelumnya, persiapkan text editor (Notepad, Sublime Text, dan sebagainya) untuk pembuatan permainan.

Langkah:

1. Buka Notepad di Laptop atau PC kamu. Masukkan script berikut:

<html>
<head>
  <title>Snake Inwepo</title>
</head>
<body>
</body>
</html>

2. Pada bagian <body> , masukkan script berikut:

<!-- Halaman Permainan (HTML) --> 
<canvas id="gc" width="400" height="400"></canvas> 

<script>
</script>

Sehingga, nantinya bagian <body> akan memiliki struktur sebagai berikut:

<body>
  <!-- Halaman Permainan (HTML) --> 
  <canvas id="gc" width="400" height="400"></canvas> 

  <script> 
  </script>
</body>

3. Pada bagian <script> , masukkan script berikut:

<!-- Script Permainan (Javascript) -->
window.onload=function() {
	//Cari elemen dengan nama ID yang telah di tentukan
	canv=document.getElementById("gc");
	
	//Konteks Kanvas / Halaman Permainan
	ctx=canv.getContext("2d");
	
	//Pastikan bahwa program / web menerima input keyboard
	document.addEventListener("keydown",keyPush);
	
	//Atur jeda / interval pada permainan
	setInterval(game,1000/15);
}

//Atur Konstanta / Ketetapan Awal Pada Permainan 
px=py=10;
gs=tc=20;
ax=ay=15;
xv=yv=0;
trail=[];
tail = 5;

function game() {
	//Atur Batasan (Boundary) Pada Halaman Permainan
	px+=xv;
	py+=yv;
	if(px<0) {
		px= tc-1;
	}
	if(px>tc-1) {
		px= 0;
	}
	if(py<0) {
		py= tc-1;
	}
	if(py>tc-1) {
		py= 0;
	}
	
	//Atur Warna Pada Halaman Permainan
	ctx.fillStyle="black";
	ctx.fillRect(0,0,canv.width,canv.height);

	//Atur Warna Pada Snake
	ctx.fillStyle="red";
	for(var i=0;i<trail.length;i++) {
		ctx.fillRect(trail[i].x*gs,trail[i].y*gs,gs-2,gs-2);
		if(trail[i].x==px && trail[i].y==py) {
			tail = 5;
		}
	}
	
	//Atur Panjang Pada Ekor Snake-nya
	trail.push({x:px,y:py});
	while(trail.length>tail) {
	trail.shift();
	}

	//Jika Snake Memakan Food-nya, Acak Lokasi Food-nya
	if(ax==px && ay==py) {
		tail++;
		ax=Math.floor(Math.random()*tc);
		ay=Math.floor(Math.random()*tc);
	}
	
	//Atur Warna Pada Food-nya
	ctx.fillStyle="purple";
	ctx.fillRect(ax*gs,ay*gs,gs-2,gs-2);
}

//Atur Mekanisme Inputan-nya berdasarkan keyCode-nya
function keyPush(evt) {
	switch(evt.keyCode) {
		//Input Panah Kiri
		case 37:
			xv=-1;yv=0;
			break;
		//Input Panah Atas
		case 38:
			xv=0;yv=-1;
			break;
		//Input Panah Kanan
		case 39:
			xv=1;yv=0;
			break;
		//Input Panah Bawah
		case 40:
			xv=0;yv=1;
			break;
	}
}

Sehingga, nantinya bagian <script> akan memiliki struktur sebagai berikut:

<script>
<!-- Script Permainan (Javascript) -->
window.onload=function() {
	//Cari elemen dengan nama ID yang telah di tentukan
	canv=document.getElementById("gc");
	
	//Konteks Kanvas / Halaman Permainan
	ctx=canv.getContext("2d");
	
	//Pastikan bahwa program / web menerima input keyboard
	document.addEventListener("keydown",keyPush);
	
	//Atur jeda / interval pada permainan
	setInterval(game,1000/15);
}

//Atur Konstanta / Ketetapan Awal Pada Permainan 
px=py=10;
gs=tc=20;
ax=ay=15;
xv=yv=0;
trail=[];
tail = 5;

function game() {
	//Atur Batasan (Boundary) Pada Halaman Permainan
	px+=xv;
	py+=yv;
	if(px<0) {
		px= tc-1;
	}
	if(px>tc-1) {
		px= 0;
	}
	if(py<0) {
		py= tc-1;
	}
	if(py>tc-1) {
		py= 0;
	}
	
	//Atur Warna Pada Halaman Permainan
	ctx.fillStyle="black";
	ctx.fillRect(0,0,canv.width,canv.height);

	//Atur Warna Pada Snake
	ctx.fillStyle="red";
	for(var i=0;i<trail.length;i++) {
		ctx.fillRect(trail[i].x*gs,trail[i].y*gs,gs-2,gs-2);
		if(trail[i].x==px && trail[i].y==py) {
			tail = 5;
		}
	}
	
	//Atur Panjang Pada Ekor Snake-nya
	trail.push({x:px,y:py});
	while(trail.length>tail) {
	trail.shift();
	}

	//Jika Snake Memakan Food-nya, Acak Lokasi Food-nya
	if(ax==px && ay==py) {
		tail++;
		ax=Math.floor(Math.random()*tc);
		ay=Math.floor(Math.random()*tc);
	}
	
	//Atur Warna Pada Food-nya
	ctx.fillStyle="purple";
	ctx.fillRect(ax*gs,ay*gs,gs-2,gs-2);
}

//Atur Mekanisme Inputan-nya berdasarkan keyCode-nya
function keyPush(evt) {
	switch(evt.keyCode) {
		//Input Panah Kiri
		case 37:
			xv=-1;yv=0;
			break;
		//Input Panah Atas
		case 38:
			xv=0;yv=-1;
			break;
		//Input Panah Kanan
		case 39:
			xv=1;yv=0;
			break;
		//Input Panah Bawah
		case 40:
			xv=0;yv=1;
			break;
	}
}
</script>

4. Simpan file dengan cara pilih Save as type menjadi All Files dan beri nama snake.html atau sesuai keinginan kamu yang penting jangan lupa pakai .html . Lalu, buka file dengan cara klik 2 kali pada file yang telah disimpan tadi. Jika berhasil, nantinya akan muncul pada web browser halaman permainan dengan warna hitam, bersama dengan ular berwarna merah, dan buah atau food yang berwarna ungu. Untuk memainkan permainan Snake, gunakan tombol panah pada keyboard.

Capture1 1

Demikian tutorial cara membuat game Snake dengan Javascript di Notepad. Semoga bermanfaat.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave the field below empty!

Trending Minggu Ini

Inwepo adalah media platform yang membantu setiap orang untuk belajar dan berbagi tutorial, tips dan trik cara penyelesaian suatu masalah di kehidupan sehari-hari dalam bentuk teks, gambar. dan video.

Dengan bergabung bersama kami dan membuat 1 tutorial terbaik yang kamu miliki dapat membantu jutaan orang di Indonesia untuk mendapatkan solusinya. Ayo berbagi tutorial terbaikmu.

Ikuti Kami di Sosmed

Inwepo Navigasi

Tentang Kami             Beranda

Hubungi Kami             Panduan Penulis

Kebijakan Privasi

FAQ

Partner

Copyright © 2014 - 2024 Inwepo - All Rights Reserved.

To Top