Saat bermain game RPG, tentunya karakter kita pasti memiliki skill masing-masing. Kita sebagai pemain pasti akan tertarik dengan skill-skill karakter kita jika kita menyukai gamenya, Namun, pasti ada saja bagian dari skill-skill tersebut yang tidak kita sukai. Pernah terpikir kalau game RPG kamu skillnya dapat kamu atur sendiri ? Tidak hanya monoton yang itu-itu saja dan sesuai dengan pemikiran kita? Daripada berfikir terus menerus, mari kita buat.
Jika kamu baru saja membaca post ini, alangkah baiknya jika memulai dari awal.
- Cara Membuat Game RPG Sederhana dengan RPG Maker
- Cara Membuat Game RPG dengan RPG Maker Bagian 1 Membuat NPC
- Cara Membuat Game RPG dengan RPG Maker Bagian 2 Membuat Map Transition
- Cara Membuat Game RPG dengan RPG Maker Bagian 3 Membuat Shop
- Cara Membuat Game RPG dengan RPG Maker Bagian 4 Membuat Fight Scene
- Cara Membuat Game RPG dengan RPG Maker Bagian 5 Membuat Karakter
- Cara Membuat Game RPG dengan RPG Maker Bagian 6 Membuat Class
Jika sudah, kita bisa melanjutkan ke bagian dimana kita akan membuat shop beserta cara menggunakannya.
Langkah:
1. Pertama, kita harus membuka project kita sesuai dengan tempat kita save sebelumnya.
2. Pastikan kita berada di event mode.
3. Pada menu bar di atas, kita klik pada “Tools” lalu pilih “Database”. Atau bisa kita pencet F9.
4. Akan terbuka Menu Bar Database. Kita langsung masuk ke Menu “Skills”.
5. Pada menu tersebut kita klik pada bagian “Change Maximum” agar dapat mengganti banyaknya skill yang ada pada game kita. Pada tutorial kali ini, kita cukup tambahkan satu agar maksimum classnya menjadi 11. Jika sudah, kita klik OK.
6. Jika sudah, bisa kita lihat bahwa slotnya akan bertambah satu. Tambahkan satu nama pada baris class 0011 tersebut. Misal kita tambahkan “Headshot” pada slot name. Maka pada slot class nomor 0011 juga akan terisi Headshot. Jika sudah, akan saya jelaskan satu persatu mengenai bagian-bagian yang ada pada halaman ini.
7. Selain nama, terdapat banyak hal lainnya pada bagian General Settings. Seperti icon, Description, Skill Type, dll. Pertama adalah icon. Jika kita buka, kita dapat melihat dan mengatur icon dari Skill yang kita pilih. Kita dapat memberikan Description untuk menjelaskan skill
yang kita buat. Nantinya akan ditampilkan di status screen. Skill Type digunakan untuk mengatur jenis dari skill yang kita bangun.MP Cost dan TP Cost adalah prasyarat yang diperlukan untuk mengaktifkan skill. Scope memberikan kita kemampuan untuk mengatur target dari skill kita. Dan Occasion adalah kemampuan untuk mengatur kapan skill dapat digunakan. Pada tutorial kali ini, atur seperti gambar agar lebih mudah.
8. Di bawahnya terdapat menu “Invocation”. Disini kita bisa mengatur apa-apa saja yang digunakan oleh skill kita. Speed mengatur kapan skill dijalankan, Success mengatur besarnya kemungkinan skill kita tepat sasaran, Repeat mengatur berapa kali skill berulang saat diaktifkan, TP Gain mengatur besarnya TP yang di dapatkan saat menggunakan skill, Hit Type mengatur jenis serangan yang digunakan, Sedangkan Animation mengatur jenis animasi apa yang digunakan untuk skill tersebut.
9. Dibawah Invocation, terdapat menu Message dan Required Weapon. Menu Message merupakan menu yang akan dipanggil ketika skill dijalankan. Formatnya adalah “nama user + (kata-kata inputan)”. Jika kebingungan untuk membuatnya, sudah disedakan 3 tombol di bawahnya. Tombol tersebut akan membuat message secara otomatis.
Required Weapon akan membuat skill yang kita miliki special dan hanya bisa digunakan jika menggunakan senjata yang kita tentukan. Pada tutorial kali ini, ikuti gambar agar lebih mudah. Atau ubah sendiri Message dan senjata yang digunakan sesuai dengan keinginan kamu.
10. Di sebelah kanan terdapat bagian “Damage”, “Effects”, dan “Note”. Damage berfungsi untuk mengatur besarnya damage dari skill yang berkaitan. Karena kita mengharapkan damage yang dikeluarkan sebesar 2x dari damage normal, maka cukup kita ubah formulanya seperti gambar. Variance membuat damage dari skill sebesar 10% kurang dari nilai formula sampai 10% lebih dari nilai formula. Critical Hit memungkinkan untuk terjadi critical.
Effect memiliki fungsi untuk menambahkan bermacam-macam effect pada target jika terkena hit. Kemungkinan terkena bisa kita atur sendiri juga. Lalu dibawahnya terdapat Note untuk membuat catatan agar tidak lupa.
11. Jika sudah, skill yang kamu buat sudah jadi. Setelah kamu inputkan pada Class, maka skill tersebut bisa kamu gunakan pada karakter yang mengambil kelas tersebut. Baca cara membuat class.
Sekian tutorial kali ini mengenai cara membuat game RPG dengan RPG Maker: Bag 7. Skill. Selamat mencoba.