Cara Membuat Game RPG Sederhana dengan RPG Maker: Bag 8. Item

Saat bermain game RPG, pastinya terdapat banyak item yang ada di game tersebut. Kita sebagai pemain pasti akan menggunakan item tersebut baik untuk penyembuhan, sebagai item misi maupun sebagai senjata. Namun, pasti ada saja yang kurang dari item-item yang kita miliki. Misalnya item yang membuat kita tidak bertemu musuh.

Pernah tidak terpikir kalau game RPG kamu itemnya dapat kamu atur sendiri ? Tidak hanya monoton yang itu-itu saja dan sesuai dengan pemikiran kita? Daripada berfikir terus menerus, mari kita buat.

Jika kamu baru saja membaca post ini, alangkah baiknya jika memulai dari awal.

Jika sudah, kita bisa melanjutkan ke bagian dimana kita akan membuat item beserta cara menggunakannya.

Langkah:

1. Pertama, kita harus membuka project kita sesuai dengan tempat kita save sebelumnya.

2. Pastikan kita berada di event mode.

3. Pada menu bar diatas, kita klik pada “Tools” lalu pilih “Database”. Atau bisa kita pencet F9.

4. Akan terbuka Menu Bar Database. Kita langsung masuk ke Menu “Items”.

5. Pada menu tersebut kita klik pada bagian “Change Maximum” agar dapat mengganti banyaknya skill yang ada pada game kita. Pada tutorial kali ini, kita cukup tambahkan satu agar maksimum classnya menjadi 5. Jika sudah, kita klik OK.

6. Jika sudah, bisa kita lihat bahwa slotnya akan bertambah satu. Tambahkan satu nama pada baris class 0005 tersebut. Misalnya kita tambahkan “Full Restore” pada slot name. Maka pada slot item nomor 0005 juga akan terisi Full Restore. Jika sudah, akan saya jelaskan satu persatu mengenai bagian-bagian yang ada pada halaman ini.

7. Selain nama, terdapat ada banyak hal lainnya pada bagian General Settings. Seperti icon, Description, Item Type, dll. Pertama adalah icon. Jika kita buka, kita dapat melihat dan mengatur icon dari item yang kita pilih. Kita dapat memberikan Description untuk menjelaskan item yang kita buat. Nantinya akan ditampilkan di status screen. Item Type digunakan untuk mengatur jenis dari item yang kita bangun.

Price mengatur harga item tersebut ketika dibeli. Consumable mengatur apakah item itu merupakan item sekali pakai. Scope memberikan kita kemampuan untuk mengatur target dari skill kita. Dan Occasion adalah kemampuan untuk mengatur kapan skill dapat digunakan. Pada tutorial kali ini, atur seperti gambar agar lebih mudah.

8. Di bawahnya terdapat menu “Invocation”. Disini kita bisa mengatur apa-apa saja yang digunakan oleh skill kita. Speed mengatur kapan item dijalankan, Success mengatur besarnya kemungkinan item kita berhasil digunakan, Repeat mengatur berapa kali item berulang saat diaktifkan, TP Gain mengatur besarnya TP yang didapatkan saat menggunakan item, Hit Type mengatur jenis serangan yang digunakan, Sedangkan Animation mengatur jenis animasi apa yang digunakan untuk skill tersebut.

9. Di sebelah kanan terdapat bagian “Damage”, “Effects”, dan “Note”. Damage berfungsi untuk mengatur besarnya nilai yang didapatkan dari item yang berkaitan. Karena kita mengharapkan nilai healnya full maka lebih baik jika kita mengatur di effects. Variance membuat nilai dari item yang kita gunakan akan berada sebesar 10% kurang dari nilai formula sampai 10% lebih dari nilai formula. Critical Hit tidak kita pakai karena kita tidak menggunakan Critical pada item.

10. Effect memiliki fungsi untuk menambahkan bermacam-macam effect pada target jika menggunakan item. Karena kita butuh untuk menyembuhkan seutuhnya, jadi kita ubah saja sesuai dengan gambar. Kemungkinan terkena bisa kita atur sendiri juga. Lalu di bawahnya terdapat Note untuk membuat catatan agar tidak lupa.

11. Jika sudah, item yang kamu buat sudah jadi. Item kamu bisa dimasukkan pada shop atau kamu gunakan pada event.

Sekian tutorial kali ini mengenai cara membuat game RPG dengan RPG Maker: bag 7. Item. Selamat mencoba.