Cara Membuat Game RPG dengan RPG Maker: Bag 2. Membuat Map Transition

Pada saat memainkan suatu game, tentunya kita pasti akan mendapati karakter kita sering berpindah-pindah tempat dari satu tempat ke tempat lain. Pernakah kamu berpikir bahwa kita bisa mengatur karakter untuk pergi kemanapun tanpa melewati suatu tempat secara berulang-ulang? Pada tutorial ini akan dijelaskan bagaimana caranya.

Baca juga:

Jika sudah, kita bisa melanjutkan ke bagian dimana kita akan membuat transisi map beserta cara menggunakannya.

Tutorial

1. Buka project kita sesuai dengan tempat kita save sebelumnya.

168 41

2. Pindahkan view kita ke map awal kita dengan cara klik kiri pada pilihan MAP001 di bawah inwepo tutorial. Lalu ubah view menjadi map editing mode.

3. Buat sebuah rumah di halaman tersebut. Caranya adalah memilih ikon sesuai dengan keinginan dari panel yang ada di kiri atas. Kali ini, kita akan menggunakan panel B dan menggunakan icon paling kiri nomor 8 dari atas. Lalu klik pada map.

4. Setelah itu, kita kembali ke map Forest Town dan pastikan kita berada di event mode.

5. Pada tutorial ini, kita akan menggunakan kotak pada nomor 14, 39. Yang harus kita lakukan adalah klik kanan pada kotak tersebut lalu pilih Quick event creation

lalu pilih transfer.

6. Akan muncul kotak dimana kita bisa mengkonfigurasi dimana karakter kita akan berpindah ketika karakter kita menginjak kotak tersebut. Klik kiri pada location.

7. Lalu, akan muncul halaman dimana kita bisa memilih karakter kita akan pindah kemana. Pilih MAP001 dari panel di sebelah kiri lalu pilih icon rumah yang sudah kita letakkan tadi.

8. Jika sudah, kita kembali ke view MAP001. Lalu lakukan hal yang sama pada ikon rumah yang ada. Klik kanan lalu pilih quick event creation lalu pilih transfer.

9. Seperti tadi, hanya saja dibalik, kini kita memilih Forest Town pada panel di sebelah kiri lalu pilih kotak pada nomor 14,39 (Kotak yang tadi).

10. Jika sudah, kita bisa melakukan playtest. Jangan lupa save project terlebih dahulu agar progress yang sudah dibuat dapat dijalankan.

Catatan: Kita bisa menggunakan opsi door pada quick event creation untuk membuat efek yang serupa dengan efek dari transfer. Hanya saja kita akan mendapatkan animasi pintu jika menggunakan opsi door.